--> Skip to main content

Inilah Jadwal Apel PNS mulai 1 Juli 2021

Penajam.Org | Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo memeberikan himbauan kepada seluruh instansi pemerintah untuk rutin menggelar apel, memutar dan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan membacakan teks Pancasila. MenPAN-RB Tjahjo Kumolo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (16/5) mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menjaga dan memperkuat kesadaran nasional dan cinta tanah air. “Sebagai pengabdian kepada negara dan masyarakat Indonesia, serta untuk mematuhi ideologi Pancasila dan UUD 1945 di instansi pemerintah,” kata Menteri Tjahjo.

Instansi Pemerintah dihimbau untuk mengadakan apel setiap senin pagi, memutar lagu kebangsaan Indonesia Raya setiap hari Selasa dan Kamis pukul 10 pagi, dan membaca teks Pancasila setiap Rabu dan Jumat pukul 10 pagi. Acara ini akan dimulai pada tanggal 1 Juli 2021. Acara apel pagi ini akan disiarkan secara online dan langsung setiap senin pagi, dan semua pejabat dan karyawan yang bekerja di kantor atau di rumah akan berpartisipasi. Kegiatan apel secara virtual tersebut tetap mempertimbangkan jumlah peserta, jarak aman, dan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19.

Pada saat yang sama, seluruh pejabat dan pegawai yang bekerja di kantor ikut serta dalam kegiatan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan membaca teks Pancasila. Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera Negara, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan, semua orang harus berdiri di tempat kerja mereka dalam postur yang sempurna selama acara berlangsung.

Himbauan tersebut berbunyi: “Pelaksanaan kegiatan ini tidak akan mengganggu jalannya pemerintahan, juga tidak akan mengurangi kualitas dan kelancaran pelayanan masyarakat.” Himbauan ini dikeluarkan untuk Jaksa Agung, Kementerian, Kepala Badan, Gubernur, Walikota dan Bupati seluruh Indonesia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar