--> Skip to main content

Cara Cek NIP PNS secara Online lengkap dengan gambar.

Penajam.Org | Bismillah. Assalamualaikum. Selamat datang di blog ini. Berikut ini adalah cara cek Nomor Induk Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disingkat NIP PNS. Cara cek NIP ini sebenarnya telah lama ada namun seiring dengan perkembangan waktu hanya dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Andoid. Namun tidak ada salahnya untuk menyimaknya.

Pengertian Profil PNS

Profil menurut KBBI yaitu grafik atau ikhtisar yang memberikan fakta tentang hal-hal khusus; sketsa biografis. Jika dimaknai secara khusus profil PNS adalah keterangan singkat mengenai PNS dalam hal ini berupa Nomor Induk Pegawai (NIP) PNS, pangkat PNS, golongan dan jabatan PNS, jabatan terakhir PNS, instansi PNS bekerja, Tanggal Melaksanakan Tugas (TMT) PNS dan jenis jabatan PNS serta informasi singkat dan penting lainnya.

Sebagai bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dinaungi oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Negeri Sipil dituntut untuk banyak memahami seluk-beluk dan permasalahan sederhana mengenai teknologi dan informasi. Dalam hal teknologi dan informasi tersebut pada kenyataannya sangat memudahkan bagi PNS itu sendiri untuk menggali informasi yang akurat dan memadai.


Salah satu tantangan yang harus dihadapi serta wajib diketahui minimal oleh seorang PNS adalah bagaimana cara melakukan cek profil PNS serta mengetahui NIP secara online. Hal ini merupakan perkara mudah bagi PNS yang mengetahui, namun bagi sebagian PNS yang belum mengatahui ataupun belum memahami dengan baik maka ketika ada tantangan bagaimana cara mengecek status PNS pada instansi pembina dalam hal ini BKN Pusat maka akan ditemukan sedikit kesulitan. Maka penulis akan memaparkan sedikit cara sederhana bagaimana cara mengecek profil PNS pada situs BKN.

Bagaimana Cara Cek dan Lihat Profil PNS

Pertama sekali tentu saja dengan akses isnternet dan gunakan browser yang ada di Laptop/PC atau Smartphone anda semisal Google Chrome, Mozilla Firefox dan lainnya terkadang menggunakan browser bawaan. Kemudian masuk atau login melalui alamat/tautan https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/.

Halaman apps profil PNS BKN

Pada saat anda akan login, anda akan diminta untuk mengisi Nomor Induk Pegawai (NIP) dalam format baru semisal : 198xx4x62000x1xx17. Jika anda masih memiliki NIP format lama semisal : 550xx70xx, maka anda tidak dapat login. Anda harus segera mengurus pada bagian kepegawaian di kantor yang manaungi anda.

Masukkan NIP Baru
Setelah anda menginput atau memasukkan NIP model atau format baru seperti contoh diatas, maka anda akan diminta untuk mengisi Captcha (semacam kode keamanan) agar anda dianggap bukan robot yang bekerja secara otomatis. Baca pengertian CAPTCHA di Wikipedia. Seharusnya memang situs Pemerintah menggunakan fasilitas captcha ini agar lebih aman dan mengurangi resiko yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan NIP dan sebagainya.

Setelah NIP muncul CAPTCHA
Apabila anda telah memasukkan kode Captcha seperti contoh tersebut diatas, maka secara otomatis anda akan masuk disistem profil PNS yang anda masukkan NIP sebelumnya.

Dari halaman profil PNS tersebut, anda akan menemukan nama anda atau nama PNS yang anda cek NIPnya pada bagian paling atas. Kemudian akan mendapatkan banyak informasi singkat seperti :

  • Nama Lengkap PNS
  • NIP Lama PNS (Jika ada)
  • NIP Baru PNS
  • Pendidikan Terakhir PNS
  • Jabatan Terakhir PNS
  • Pangkat Terakhir PNS
  • Instansi Asal PNS
  • Jenis Jabatan PNS
  • TMT Jabatan PNS
  • TMT CPNS
  • Unit Instansi PNS
  • Kedudukan Hukum (aktif atau non aktif)
Profil PNS dari BKN

Penutup

Setelah anda melihat-lihat serta profil singkat PNS anda atau PNS yang anda cek, terdapat juga peringatan yang berbunyi : Jika data Anda tidak sesuai harap hubungi BKD atau Biro Kepegawaian di instansi Saudara dengan membawa dokumen yang otentik. Artinya disini juga ditekankan bahwa jikalau PNS yang bersangkutan telah mengajukan kenaikan pangkat dan atau jabatan yang baru serta telah mendapatkan SK (Surat Keputusan) yang sah namun data tidak sesuai pada saat melakukan krosscek pada aplikasi ini, maka PNS yang bersangkutan dapat mengajukan permohonan perbaikan data ke bagian kepegawaian instansi PNS.

BKD pada saat ini mungkin hampir seluruh instansi Pemerintah terutama Pemerintah Daerah setempat berubah nama menjadi BKPP dan yang sejenis. BKPP singkatan dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan. 

Demikian bagaimana cara cek dan melihat profil PNS yang telah dilengkapi dengan gambar. Walaupun singkat dan padat namun penulis berharap informasi yang diperoleh akan bermanfaat. 
Assalamualaikum.


Secara resmi BKN menutup layanan cek NIP PNS secara online. Sebagai gantinya pihak BKN membuat aplikasi berbasis android dengan nama MySAPK dan PNS dapat mengunduh serta login kedalam aplikasi tersebut serta mendapatkan informasi yang lebih lengkap lagi. Berikut hasil tangkapan layar pengumuman penutupan layanan cekk NIP bagi PNS di Indonesia. 

Dibawah ini adalah pemberitahuan resmi dari BKN atas penutupan atau pemberhentian layanan profil PNS di Website BKN.
Cara cek NIP melalui aplikasi MySAPKN


Tags : cara cek profil pns, cara cek nip pns, cara melihat pangkat pns, cara cek dan melihat pangkat pns, cara cek dan melihat golongan dan jabatan pns, cara cek dan melihat jabatan terakhir pns, cara cek dan melihat instansi pns bekerja, cara cek dan melihat TMT pns, cara cek dan melihat jenis jabatan pns.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar