--> Skip to main content

Strategi Jitu mengerjakan tes CAT terbukti plus

Assalamualaikum. Selamat datang di Blog ASN Indonesia.

Pengantar

Tes masuk CPNS tahun ini dan dimungkin  pada tahun-tahun berikutnya akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan selain memerlukan persiapan matang dan baik serta tetap menjaga kesehatan serta konsentrasi yang lebih, diperlukan juga strategi dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh Panitia Seleksi dimasing-masing Instansi baik Instansi Pusat maupun Daerah. Dalam tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) tersebut terdapat beberapa sub bagian soal yang harus memenuhi Passing Grade (PG) yaitu : Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Ada yang mengatakan TWK sulit karena harus menghafalkan banyak ini dan itu. Ada juga yang mengatakan TIU itu sulit karena harus memutar otak dan sebagainya, serta sebagian peserta juga ada yang mengatakan TKP itu sulit karena soal sama namun bobot jawaban berbeda. 

Strategi Jitu mengerjakan tes CAT terbukti berhasil 100%, tips dan trik agar lulus CPNS, Tips dan Cara Lulus Tes CAT CPNS

Penulis sangat menyarankan kepada peserta yang akan ikut tes CAT CPNS tahun ini selain mengetahui tips dan trik agar lulus juga harus memiliki strategi dalam mengerjakan soal-soal CAT tersebut. 

Banyak dibaca :



Sebagai penyedia yang penulis sarankan untuk membeli soal-soal BERBAYAR dan telah terbukti banyak sekali membantu peserta dalam hal kelulusan tes CAT CPNS tersebut

Bagaimana Strategi yang terbukti berhasil

Setelah anda mendaftarkan diri pada penyedia SOAL CPNS BERBAYAR dan telah melakukan pembayaran serta dapat mengakses soal-soal latihan dalam member areanya, maka kita dihadapkan pada bagaimana strategi jitu dalam mengerjakan tes CAT tersebut.

Disini diperlukan kerja keras dan kerja cerdas dalam mengerjakan soal-soal CAT tersebut. Kerja keras dengan mengikuti tips dan trik agar lulus CPNS serta kerja cerdas yaitu dengan strategi tertentu yang dapat digunakan dan tentunya setiap orang akan berbeda hasilnya sesuai dengan apa yang telah diusahakannya.
Berikut adalah langkah strategi jitu dalam mengerjakan tes CAT. Silahkan disimak dan dipraktekkan langkah . Semoga berguna. Ikuti langkahnya.
  1. Usahakan untuk mengerjakan soal-soal CAT terutama soal TKP (Tes karakteristik Pribadi) terlebih dahulu dan usahakan juga jangan berlama-lama dalam mengerjakan soal TKP ini. Karena soal-soal TKP ini ada pada nomor 66 hingga 100. Pilihlah jawaban yg paling baik, intinya jawaban harus mencerminkan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta mengesampingkan kepentingan  pribadi. Untuk nilai ambang batas TKP (Passing grade) adalah 143. Maka harus menjawab 29 soal dengan benar dan masing-masing soal bernilai 5 point. Jadi rekan-rekan harus tahu soalnya itu masuknya ke item mana, apakah integritas, profesional dan lain sebagainya. Ingat jangan terlalu berlama-lama dalam mengerjakan soal-soal TKP serta soal-soal jenis ini memang memerlukan kemampuan membaca dengan cepat;
  2. Untuk selanjutnya, rekan-rekan harus segera mengerjakan soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) yang berjumlah sebanyak 35 soal. Soal-soal TWK ada pada nomor 1 hingga 35. Materi yg wajib dikuasai adalah menghafal UUD 1945 (atau setidaknya tahu setiap makna yg terkandung setiap pasal), sejarah Hari Kemerdekaan RI secara berurutan, Nama-nama kerajaan dan sejarahnya yg pernah ada di Indonesia, aturan Konstitusi, pengamalan Pancasila dalam kehidupan, dan bahasa Indonesia. Jika rekan-rekan mendapatkan soal bahasa Indonesia dengan wacana yg panjang, baca dulu soalnya baru cari jawabannya. Nilai ambang batas (passing grade) TWK adalah 75. Sehingga rekan-rekan harus bisa memastikan menjawab soal dengan benar adalah sebanyak 15 soal dari 35 soal yang ada.
  3. Selanjutnya kerjakan soal TIU (Tes Intelegensi Umum). Soal-soal TIU ada pada nomor soal 36 hingga 65. Nilai ambang batas (passing grade) untuk TIU adalah 80. Sehingga rekan-rekan harus memastikan menjawab dengan benar minimal 16 soal dari jumlah 30 soal. Untuk soal-soal TIU, rekan-rekan dapat berlatih soal-soal TPA (Tes Potensi Akademik), selain itu banyak melakukan latihan soal deret hitung, sinonim, antonim, rumus-rumus singkat matematika dasar, jarak kecepatan, perbandingan umur, dan lain sebagainya. Soal-soal figural (gambar) seperti pencerminan dan sebagainya, soal-soal silogisme, soal-soal urutan letak. Jika mendapatkan soal silogisme (soal dengan menarik kesimpulan) diusahakan kesimpulannya tidak sampai keluar dari pernyataan (premis) yang diberikan. 
  4. Usahakan luangkan waktu 5-10 menit, untuk memeriksa kembali jawaban-jawaban pada soal yang telah dikerjakan. Jika anda ragu atau memang tidak tahu sama sekali jawaban dari satu atau lebih soal sebaiknya dilewati saja, jangan pernah penasaran dgn jawaban suatu soal. Maksimalkan akal dan hati nurani anda untuk menjawab soal-soal yg memang tidak tahu jawabannya. Terkadang kita harus mengikuti kata nurani dalam menjawab soal-soal tersebut. Insting yang tajam diperlukan disini. Jangan lupa untuk mengikuti Tips dan Cara Lulus Tes CAT CPNS agar apa yang rekan-rekan kerjakan maksimal dan bernilai ibadah.
  5. Sebagai bahan masukan untuk menghadapi tes SKD Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang lebih condong kearah tes psikologi, ada sedikit rahasia yang patut anda pegang ketika anda mengikuti tes yaitu anda harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Gunakan rasa percaya diri anda dalam menjawab setiap pertanyaan serta manajemen waktu anda dalam menjawab pertanyaan. Gunakan waktu yang singkat dalam menjawab serta baca dengan cepat serta teliti lalu jawab secara cepat. Jangan sampai menyesal nantinya karena tidak mampu memanfaatkan waktu tersebut untuk menjawab soal dengan sebaik-baiknya.
  6. Secara khusus untuk menjawab soal SKD TKP adalah dengan mempertimbangkan Hak Azasi Manusia (HAM) serta Hukum yang berlaku meskipun opsi jawabannya lebih cenderung otoriter.

      Penutup

      Mungkin itu saja yang penulis dapat berikan berdasarkan pengalaman beberapa orang yang penulis temui melalui media sosial dan juga dunia nyata. Intinya jangan menyerah dan siap untuk rugi duluan karena mengikuti tes ini memerlukan banyak sumber daya seperti tenaga, pikiran dan biaya. Semoga beruntung rekan-rekan pejuang PNS.
      Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
      Buka Komentar
      Tutup Komentar