--> Skip to main content

Contoh Soal CAT CPNS Bahasa Indonesia

Assalamualaikum. Selamat Datang di Blog ASN Indonesia.
Berikut dibawah ini adalah salah satu contoh soal CPNS Bahasa Indonesia yang berhasil penulis kumpulkan. Silahkan disimak semoga bermanfaat.

soal cpns bahasa indonesia pdf-download soal cpns dan kunci jawaban pdf-soal dan pembahasan-bahasa indonesia cpns-soal cpns bahasa inggris-soal tes bahasa indonesia dan jawabannya-latihan soal bahasa indonesia cpns-tes bahasa inggris bumn-soal cpns bahasa inggris dan pembahasan

Bacalah kutipan tajuk berikut dengan seksama kemudian kerjakan soal nomor 1 dan 2.

Pemerintah Republik Indonesia akan segera menurunkan bahan bakar minyak (BBM) terutama untuk jenis bahan bakar premium. Pada momen tersebut untuk yang kedua kalinya, untuk harga bahan bakar jenis solar juga diturunkan. Harga minyak dunia yang terus merosot mendorong munculnya kebijakan penurunan BBM. Kalangan industri mestinya sudah bisa menghitung kembali biaya produksi yang berujung pada penurunan harga. Apalagi, harga bahan bakar industri pun mengalami hal yang sama. Dengan turunnya harga bahan abakar premium serta solar, maka pemerintah berharap akan berimbas turunnya harga kebutuhan pokok. Dengan hal tersebut, maka daya beli masyarakat akan ikut terangkat, serta peningkatan konsumsi dalam negeri yang mendorong peningkatan produksi lainnya. Hal tersebut akan membantu memperkecil peluang terjadinya tindak pemutusan hubungan kerja (PHK).

1. Gagasan utama dalam tajuk diatas yaitu ...
    a. penurunan harga BBM hendaknya diikuti harga kebutuhan pokok
    b. penurunan harga premium diikuti solar dan pertamax
    c. kebutuhan pokok tergantung jenis BBM yang digunakan
    d. turunnya BBM meningkatkan produksi dalam negeri
    e. Harga minyak dunia yang terus merosot mendorong munculnya kebijakan penurunan BBM

2. Letak kalimat fakta dalam tajuk diatas yaitu ...
    a. paragraf I kalimat II
    b. paragraf II kalimat I
    c. paragraf III kalimat I
    d. paragraf III kalimat III
    e. paragraf I kalimat III

Insya Allah bersambung dengan soal lainnya......

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar