--> Skip to main content

Modus Penipuan CPNS dan Tips Menghadapinya

Assalamualaikum. Selamat datang di Blog ASN Indonesia.

Pengantar

Mulai akhir bulan lalu hingga sekitar pertengahan bulan desember 2018 akan datang, panitia penerimaan CPNS tahun ini di Indonesia yang diampu oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kemenpan RB ditingkat pusat dan panitia masing-masing Pemerintah Daerah baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia akan disibukkan dengan agenda penerimaan CPNS diseluruh wilayah Indonesia. Berdasarkan kabar yang beredar, bisa saja pelaksanaan tes masuk CPNS yang sekarang menggunakan metode CAT baik untuk tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) ataupun SKB (Seleksi Kemampuan Bidang) tidak dilaksanakan secara serentak. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor.

Berdasarkan pengalaman yang telah berlalu ada saja oknum-oknum entah darimana yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan momen ini untuk meraup keuntungan pribadi atau kelompoknya. Mereka saling berkoordinasi satu sama lain untuk berbuat kejahatan dengan melakukan penipuan kepada para peserta tes masuk CPNS. Selain dilakukan melalui dunia nyata juga dilakukan melalui dunia maya dengan berbagai cara.

Mereka melakukan penipuan melalui dunia nyata dengan mengirim sms secara acak lalu ketika calon korban memberikan respon positif maka biasanya mereka akan menelepon calon korban tersebut bahkan bisa dengan bantuan hipnotis. Astagfirullah hal adziim. Sedangkan melalui dunia maya biasanya dengan cara menyebarkan informasi palsu yang dibuat seolah-olah sangat meyakinkan.

Banyak dibaca :
Penulis sendiri beberapa kali mendapatkan respon atau tanggapan atas beberapa tulisan yang diselipi dengan modus penipuan CPNS baru tersebut. Awalnya penulis tidak begitu memperhatikan, namun karena memang tulisan dalam blog penulis memakai sistem moderasi (menunggu persetujuan pemilik tulisan atau blog sebelum ditayangkan) maka penulis berinisiatif memasukkan komentar tersebut ke dalam folder Spam (pesan atau tanggapan yang tidak diinginkan seseorang). 

Ketika penulis memberikan izin pada komentar semacam ini, maka secara tidak langsung penulis masuk kedalam orang-orang yang menyebarkan berita bohong tersebut atau modus penipuan CPNS baru tersebut. Alhamdulillah Allah masih melindungi kita (penulis dan pengunjung blog ini). Dibawah ini adalah beberapa bentuk atau macam bentuk modus penipuan CPNS yang berhasil penulis dokumentasikan. Silahkan pengunjung dan pembaca sekalian melihat hasil tangkapan layar (screenschot) dibawah ini. Jika tidak atau kurang jelas pengunjung/pembaca dapat memperbesarnya dengan mengklik gambar dibawah ini.


modus penipuan baru CPNS cara menghadapinya
Modus penipuan CPNS

Coba kita perhatikan gambar diatas dan dibawah ini. Terlihat dengan jelas bahwa kedua tulisan dalam gambar ini bisa jadi orang/oknum yang sama. Secara sekilas terlihat meyakinkan atas informasi yang disampaikannya padahal jikalau kita teliti dan jeli dalam memahaminya maka akan diperoleh kesimpulan bahwa ini adalah hoax dan salah satu bentuk modus penipuan cpns yang bertebaran didunia maya.

Modus penipuan CPNS

Sama halnya dengan gambar dibawah ini juga sangat terlihat meyakinkan, namun pada hakikatnya adalah modus penipuan semata. Jadi jangan tertipu dengan kata-kata manis dan meyakinkan dalam gambar ini. Lalu bagaimana cara menghadapi modus semacam ini? Mari kita simak ulasan dibawah ini.

modus penipuan baru CPNS cara menghadapinya
Modus Penipuan CPNS dan Honorer


Tips Menghindari Modus Penipuan CPNS

Sebagai masukkan bagi para pengunjung blog ini, penulis akan memberikan beberapa tips menghindari atau agar tidak tertipu.
  1. Ikuti alur yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggara. Sama halnya dengan Perusahaan Swasta yang mengadakan rekrutmen karyawan biasanya akan menetapkan atau membuat alur penerimaan pegawai yang tentu saja telah dirancang jauh hari dan oleh person-person yang berpengalaman. Walaupun mungkin saja ada kekurangan namun kekurangan tersebut pasti akan diperbaiki. Tugas kita hanya berusaha mengikuti alur yang telah ditetapkan tersebut;
  2. Bila modus penipuan tersebut dilakukan melalui sms lalu telepon, biasanya akan dilakukan pada jam-jam sibuk atau pada jam-jam menjelang dan pada saat istirahat. Biasanya dilakukan oleh oknum penipu dengan menggunakan nomor tidak dikenal atau tidak kita kenal sebelumnya. Maka hindari menerima sms apalagi mengangkat telepon pada jam-jam tersebut.


modus penipuan baru CPNS cara menghadapinya

Penutup

Menghindari diri dari modus-modus penipuan yang semakin lama semakin canggih, masif dan terstruktur sangat tidak mudah. Namun penulis berharap dari pembaca sekalian tidak pernah ada yang mengalami hal-hal tersebut diatas. Semoga dengan berkembangnya teknologi dan kecanggihan yang ada kita dapat dengan bijak menggunakannya. Disini penulis mengingatkan diri sendiri dan pembaca sekalian. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk menyebarkannya dengan cara share di linimasa media sosial anda.

Assalamualaikum

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar