Blog Berita ASN Indonesia dan Informasi Lowongan Kerja serta Informasi Umum Terbaru

Buka lowongan tahun 2018, berikut formasi yang dicari Pemerintah

Assalamualaikum. Selamat Datang di Blog ASN Indonesia.

Formasi CPNS 2018 Kemenpan BKN



Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) masih menunggu usulan akan kebutuhan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari setiap Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah. Hal ini menyusul rencana penerimaan formasi CPNS dengan jumlah sekitar 250 ribu posisi pada tahun 2018.




"Masih dalam proses pengusulan dari masing-masing kementerian, lembaga, dan daerah," kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja melalui pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Jakarta, pada 3 Januari 2018. Dia memastikan, lowongan jabatan CPNS yang dibuka pada tahun ini tidak akan ada posisi tenaga administrasi. Karena itu, pentingnya validasi oleh kementerian, lembaga, dan daerah.




"Kemungkinan besar belum (tenaga administrasi), jadi pentingnya validasi seperti ini," Setiawan berujar. Dia mengaku, Kementerian PANRB akan mengkaji secara selektif pemberian formasi CPNS untuk daerah yang realisasi belanja pegawainya sudah tinggi. "Akan dikaji secara selektif bagi daerah yang belanja pegawainya sudah tinggi," ucapnya.




Saat dikonfirmasi mengenai adakah perubahan mekanisme sistem perekrutan CPNS pada 2018, Setiawan pemerintah akan melakukan evaluasi dalam bulan ini. "Belum ada, minggu kedua ini masih akan dilihat hasil evaluasi," tuturnya.




Setiawan mengatakan, pemerintah mencari CPNS yang memiliki kompetensi untuk menyesuaikan perkembangan zaman. "Profil aparatur sipil negara (ASN) ke depan, beintegritas, melayani, profesional, enterpreneurship, serta memahami teknologi informasi, dan menguasai bahasa asing," tukasnya.

Demikian informasi mengenai formasi yang mungkin akan diadakan oleh Pemerintah Pusat melalui Kempan RB tahun 2018 ini. Pada intinya seorang yang akan melamar CPNS tahun 2018 ini harus memiliki kemampuan (skill) yang lebih, memiliki integritas yang baik, mampu melayani, enterpreneurship (berjiwa pengusaha), memahami atau menguasai teknologi informasi (kemampuan mengoperasikan komputer dan atau gadget) serta menguasai bahasa asing (Bahasa Inggris dan bahasa lainnya). Semoga bermanfaat bagi semua.
Assalamualaikum.


Sumber : Liputan6

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Buka lowongan tahun 2018, berikut formasi yang dicari Pemerintah