--> Skip to main content

Periksa materi soal salah satu tips lulus tes CPNS tahun 2017 (bagian 1)

Bagi masyarakat Indonesia yang sangat berminat untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2017, diwajibkan untuk memenuhi beberapa persyaratanyang telah ditetapkan oleh Instansi yang ditunjuk pemerintah sebagaipenyelenggara tes CPNS yaitu BKN. Untuk langkah selanjutnya yaitu dengan mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) yang sekarang menggunakan metode/sistem Computer Assited Tes (CAT).
cara-lulus-tes-cpns-tahun-2017
Image by : Open Clipart

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) Nomor 20 tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CNPS Tahun 2017, pemerintah telah menetapkan tiga kelompok materi soal seleksi kompetensi dasar (SKD).
Tiga kelompok soal yang dimaksud dalam aturan diatas adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Menurut Kepala Bagian Komunikasi Publik Kemenpanrb Bapak Suwardi, untuk melewati tahap selanjutnya, peserta seleksi masuk CPNS harus melewati ambang batas (passing grade) yang ditetapkan dengan Permenpan.Diharapkan untuk peserta untuk mempersiapkan diri dengan mempelajari soal-soal CPNS sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan.

Tes Wawancara Kebangsaan (TWK) digunakan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai empat pilar kebangsaan kebangsaan. Keempat pilar tersebut adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mencakup juga sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Materi selanjutnya adalah Tes Intelegensi Umum (TIU) yang dimaksudkan untuk menilai kemampuan secara lisan yaitu skill dalam menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Tes ini digunakan juga untuk menilai kemampuan secara numerik yaitu skill dalam melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubungan diantara banyak angka-angka.


software-cat-tiu-skd-cpns-2017-video-elearning-soal-prediksi-cpns-terbaru-2017



Tes Intelegensi Umum (TIU) ini juga digunakan untuk mengetahui kemampuan dalam berasumsi secara logis yaitu skill untuk melakukan penalaran secara selaras dan teratur, dan skill untuk berasumsi logis yaitu skill dalam memecahkan suatu masalah secara terstruktur. 

Untuk menilai kredibilitas diri sendiri, antusiasme dalam berprestasi, kreativitas dan perubahan, orientasi pelayanan, orientasi pada individu lain, kemampuan berorientasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja madiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar terus menerus maka digunakan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes ini juga digunakan untuk menilai skill dalam bekerja sama dalam kelompok dan kemampuan menggerakan dan berkoordinasi dengan orang lain. (bersambung).... 
Bagian 2........


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar